Home » Sebaiknya Anda Tahu » Manfaat Daun Sirih Merah untuk Penyakit Jantung dan Diabetes
manfaat daun sirih

Daun Sirih merah (Piper crocatum) adalah salah satu tanaman obat potensial berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, diantaranya penyakit jantung dan diabetes. Selain itu daun sirih merah memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi. Biasanya digunakan dalam upacara adat masyarakat Yogyakarta  sebagai salah satu bagian pen-ting yang harus disediakan.

Ternyata tanaman sirih mempunyai ragam spesies, diantaranya sirih gading, sirih hijau, sirih hitam, sirih kuning dan sirih merah. Semua jenis tanaman sirih tersebut memiliki ciri yang hampir sama, yaitu tanamannya merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai yang tumbuh berselang seling mengikuti sulur batangnya, bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai, penampakan daunnya berwarna merah keperakan dan mengkilap.

Sirih merah yang daunnya membentuk jantung hati dan bagian ujung daun meruncing. Permukaan daun mengkilap dan tidak merata. Yang membedakan dengan sirih hijau adalah selain daunnya berwarna merah atau ungu keperakan, bila daunnya disobek maka ia akan berlendir serta aromanya lebih wangi.

Kandungan Kimia yang terdapat dalam Daun Sirih Merah

Para ahli pengobatan tradisional telah banyak menggunakan tanaman sirih merah oleh karena mempunyai kandungan kimia yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” dilaporkan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Karena banyaknya kandungan zat/ senyawa kimia bermanfaat inilah, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat.Eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah

Berikut ini beberapa contoh khasiat ramuan daun sirih merah untuk beberapa penyakit. Menurut ( Herbalis Bambang Sadewo)

Daun Sirih Merah untuk Penyakit Jantung

Ambil daun sirih berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, lalu saring. Ramuan ini diminum selagi hangat, dua kali sehari sebelum makan. Sekali minum satu gelas.

Dengan ramuan tanaman obat lain.

Siapkan daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 3-4 lembar, daun asam 30 gram, belimbing sayur 2 buah, umbi dea kering 3 gram dan daun gingseng 4 lembar. Semua bahan dicuci bersih, diiris kecil-kecil, lalu direbus dengan tiga gelas air (600 ml) hingga tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari selagi hangat. Bisa ditambah satu sendok teh madu. Sekali minum setengah gelas.

Daun Sirih Merah untuk Penyakit Diabetes

Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Dengan ramuan tanaman obat lain.

Ambil tiga lembar sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Bahan-bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, minum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.

Comments are closed.